10 May 2010

Framework PHP

CodeIgniter sebagai salah satu dari sekian banyak framework PHP, kini mulai banyak digunakan dalam mengembangkan aplikasi berbasis web.

Apa sih Framework?

Mungkin ilustrasi berikut dapat menggambarkan tentang framework :
Bob adalah seorang programmer freelance. Ia baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja. Sebelum ia mendapatkan pekerjaan disebuah perusahaan atas koneksi teman-temannya ia berhasil mendapatkan sebuah proyek untuk pembuatan website . dengan senang hati ia menerima dan mengerjakan website itu.

Ia mendisain sistem dan melakukan coding dari awal, sehingga cukup menguras energi. Singkat kata dalam waktu satu bulan, ia baru berhasil menyelesaikan proyeknya tersebut.

Akhirnya, proyek selesai dan client senang dengan pekerjaannya. Honor yang diterima lumayan besar untuk sekedar membeli pulsa dan amplop besar untuk lamaran kerja :). Kemudian client tersebut juga bersedia merekomendasikannya jika ada perusahaan lain ingin membuat sebuah website.

Dua Minggu Kemudian, perusahaan lain memesan sebuah website dengan fitur yang hampir sama dengan proyek pertamanya. Langsung saja proyek itu diterima dan dikerjakan.

Bob kembali melihat kode program pada proyek pertamanya, mengedit bagian yang perlu dan mengunakannya pada proyek yang kedua Sehingga pada proyek kali ini ia berhasil menyelesaikannya hanya dalam dua minggu.

Dalam pembuatan website kedua, Bob menyadari bahwa ada bagian-bagian program yang biasanya harus selalu ada untuk digunakan, misalnya kode untuk koneksi ke database MySQL, membuat paging untuk penampilan data, atau email. Dengan demikian, Bob membuat koleksi kode program yang bisa sewaktu-waktu ia gunakan jika ia membutuhkannya. Sehingga bisa menghemat tenaga dan waktu dalam mengerjakan sebuah website.

Apa yang di lakukan Bob adalah cikal bakal sebuah Framework, sehingga dalam pengertian yang sangat sederhana, Framework dapat diartikan sebagai koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusun atau diorganisaskan sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.

Saat ini ada banyak Framework PHP, diantaranya : ZEND Framework, Cake PHP, Trax, Sympony dan sebagainya. Tentu saja setiap framework mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

No comments:

Post a Comment