15 September 2010

Belajar Dasar-Dasar PHP (1)

PHP


PHP adalah sebuah bahasa script umum yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada 1995. Ledorf menciptakan hal tersebut untuk memuaskan kebutuhan akan jalan yang mudah untuk mengolah data ketika menciptakan sebuah halaman pada world wide web.

Catatan :
PHP lahir dari keinginan Rasmus Lerdorf untuk menciptakan sebuah script yang dapat memastikan berapa banyak yang mengunjungi resume onlinenya. Namun script yang dia ciptakan banyak yang menyukainya, Lerdorf melanjutkan mengembangkan bahasa tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu banyak pengembang bergabung dengannya untuk menciptakan program ini. Hari ini php adalah salah satu bahasa pemograman yang paling banyak digunakan di internet.
PHP awalnya merupakan pengertian dari “ personal home page “ dan dilepaskan gratis kepasaran sebagai open source sebagai project. Seiring berjalannya waktu bahasa ini diubah untuk menemui kebutuhan dari semua penggunanya. Pada 1997, php telah dinamai ulang PHP “ Hypertext preprocessor ” hingga sampai sekarang.

Pada saat saya menulis ini PHP 5.2.9 adalah versi stabil yang telah dikeluarkan. Tetapi versi 5.3 dan 6 di jadwalkan untuk dikeluarkan pada masa depan. PHP 4 masih digunakan pada banyak server, namun dukungannya telah berakhir. Banyak perusahaan hosting membiarkan para pengembang untuk menggunakan baik PHP 4 dan PHP 5 pada situs mereka.

Banyak produk program menggunakan bahasa script yang berada di sisi server. Biasanya sangat cocok untuk menciptakan halaman web yang dinamis. Fitur Bahasa program sudah tergabung untuk mendukung database seperti MySQL, yang membuat hal tersebut menjadi kandidat utama untuk membangun semua jenis aplikasi web, dari halaman web pribadi yang sederhana sampai aplikasi perusahaan yang sangat komplek.

Tidak seperti HTML yang diuraikan satu-persatu oleh browser ketika sebuah halaman di tampilkan, php adalah sebuah preprocessor yang oleh mesin yang mengolah dokumen (mesin ini ditujukan sebagai server). Semua kode PHP mengandung dokumen yang di olah oleh server sebelum dokumen tersebut dikirim kepada browser pengunjung.

PHP adalah sebuah bahasa script yang merupakan sebuah keuntungan besar bagi programmer php. Banyak bahasa program membutuhkan untuk menyusun file menjadi kode-kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan, sehingga proses tersebut banyak membuang waktu. Menghilangkan kebutuhan akan menyusun file menjadi kode-kode mesin berarti anda dapat mengubah dan menjalankan dengan lebih cepat.

Karena php adalah bahasa program yang berada pada sisi server, menjalankan script php pada mesin pribadi anda tentunya juga membutuhkan sebuah server pada mesin anda.

Menggunakan pengolahan script pada sisi client memungkinkan anda untuk mengubah sebuah halaman tanpa membutuhkan halaman tersebut di tampilkan ulang. Hal tersebut juga memudahkan susunan awal dari pengesahan dan menyederhanakan untuk membuat pengembangan pada tatap muka pengguna.

Namun bagaimanapun juga menggunakan pengolahan script pada sisi client membutuhkan javascript harus berfungsi pada browser sebagai sarana penunjang untuk script yang telah anda tulis. Hal ini berarti anda tidak seharusnya menggunakan pengolahan script pada sisi client untuk pengesahan pengguna atau menangani sesuatu hal yang sensitive, karena kemampuan pengguna untuk mengubah atau melumpuhkan pengolahan script pada sisi client anda.

Server side scripting dijalankan pada server hosting sebelum halaman dikirimkan kepada pengguna, hal ini berarti bahwa setiap perubahan yang telah dibuat oleh script memerlukan halaman tersebut di tampilkan ulang.

Menggunakan server side scripting sangat bagus untuk pengesahan pengguna, penyimpanan perubahan kepada informasi database, mengambil data untuk ditampilkan dan banyak tugas-tugas lainnya.

No comments:

Post a comment