11 April 2011

Mengupas Tuntas Kaspersky Anti Virus

Sebenarnya ini adalah pembahasan tentang tutorial tentang install, update dan masalah-masalah yang timbul saat Saya menginstall Kasperky pada komputer KPP.

Batasan masalah : Agar pembahasan tidak melebar, maka hanya akan di bahas Kaspersky Anti Virus saja.

A. Sejarah Singkat

Kaspersky AntiVirus adalah anti virus buatan Rusia, awalnya dikenal sebagai AntiViral Toolkit Pro. Dikembangkan oleh kaspersky lab situs resminya http://www.kaspersky.com.

B. Proses Instalasi

1. Sama seperti proses instalasi pada system operasi windows, anda perlu mengeksekusi program setup.exe, pada cd installer kaspersky.

2. Setelah itu akan tampil kotak dialog untuk mengisi 16 digit activation code (contoh : YAXU4-BWA7H-B4WSQ-9UXKR), yang ada pada cd bawaan waktu beli, di sini kita butuh koneksi internet untuk proses aktivasi online.

Note : mulai versi 8 ke atas (Kaspersky 2009,2010,2011) semua aktivasi di lakukan secara online, termasuk untuk update database.

C. Proses Update

1. Selalu ingat antivirus sebagus apapun jika tidak

diupdate maka tidak ada gunanya!!!

Setelah menginsta ll maka kita harus mengupdatenya karena databasenya sudah lama, KAV 2011 yang sa ya install databasenya bulan Juli 2010.

3. Caranya tinggal klik menu update center > run update.

4. Tunggu hingga selesai file yang di update sekitar 100MB. (Harus sabar jika koneksi jalannya kayak keong.. he..)

D. Jika sudah pernah Install Kaspersky sebelumnya Gimana?

1. Biasanya tidak bisa di uninstall, ini lebih disebabkan alasan keamanan. Solusinya gimana?

2. Saya sudah dow nload Kaspersky r emoval tool (kavremover.zip).

3. Secara otomatis program akan mendeteksi Kaspersky versi berapa yang terinstall, setelah itu kamu harus memasukkan sandi Capcha seperti yang terlihat pada gambar diatas (terlihat 255F3F1B), di isikan pada field kosong dibawahnya dan kemudian klik Remove.

4. Tunggu hingga selesai, kemudian lakukan lang

kah-langkah install kaspersky pada tutorial B.

Note : Kemungkinan ada antivirus lain (selain kaspersky) yang juga tidak bisa di uninstall coba cari remover tool dari antivirus tersebut di situs

resminya atau silahkan googling.

E. Duh Koneksi Internet saya lemot banget, dapatkah kita mengupdate secara offline (tanpa perlu terhubung ke internet) ?

1. Pertanyaan yang bagus? Saya juga merekomendasikan Kaspersky sebagai antivirus untuk komputer-komputer KPP, sangat tidak effisien

jika saya harus mengupdate database untuk satu PC satu hari penuh klo aja 100 PC gimana ? (silahkan dibayangkan sendiri).

2. Setelah melanglang buana ke rimba cyber, ada secercah harapan. Ternyata kita bisa mengupdate secara offline tapi tetap untuk up

date-an pertama kita harus konek ke internet selanjutnya untuk PC yang lain bisa kita update offline. Langsung saya kita praktekkan… he3x.

3. setelah download KLUpdater.zip. ekstrak dan jalankan file kasperskyupdater.exe

4. Pada tab Application and Version, wow banyak sekali yahh versi nya, untuk Kaspersky 2011 ini merupakan versi 11, oleh karena itu kita centang 11.0.1.400 (lihat versinya padaprogram kaspersky yang telah terinstall).


5. Pada tab Setting and Service, ikuti konfigurasi seperti yang terlihat pada gambar, pada pilihan Move update to folder pilihlah custom folder kemudian pilih folder dimana foder update dan tmp diletakkan.

6. setelah itu klik apply dan anda bisa memulai download update dengan menekan tombol Start.

Note : Tunggulah dengan Sabar ….! ^^

F. Update Database secara offline

1. Logikanya kita harus memindahkan settingan

defaultnya, yang biasanya langsung ke server kaspersky lab, menuju ke folder update yang telah kita buat. Dimana tuh? R-A-H-A-S-I-A … (bercanda..).

2. Dari menu utama > klik Settings > klik ikon bumi, seperti terlihat pa da gambar dibawah :

3. Nah ubahlah update source-nya, caranya uncheck pilihan Kaspersky Lab Update Server, kemudian add dan arahkan ke folder update yang telah kita buat. Lihat gambar di bawah untuk membayangkan…

4. satu lagi ubahlah proxy server, dan uncheck pilihan proxy selanjutnya klik OK.

5. Dari menu utama klik Update Center > Klik Run Update. Tunggu selesai 100%.

Sekian dulu dech… mungkin ada yang terlewat bisa di tanyakan langsung ke Saya, saya nanti tanya sama om Google..

Terima kasih

Fathan.







No comments:

Post a Comment